Profil dan Sejarah DEPTICS (Departement Of Informatics)




Salam Mahasiswa !

Teman - teman pembaca dari mahasiswa teknik informatika Universitas PGRI Madiun pasti sudah tidak asing dengan kata DEPTICS. DEPTICS merupakan sebuah organisasi HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) teknik informatika dari Universitas PGRI Madiun yang menjadi wadah berkumpul bagi anggotanya untuk melatih kepemimpinan dan mengembangkan ide-ide yang bermanfaat bagi kemajuan program studi teknik informatika.
Sekarang saya juga ingin memperkenalkan kepada teman-teman pembaca bagaimana sejarah terbentuknya DEPTICS. Sejarah terbentuknya DEPTICS  diawali dari STT Dharma Iswara yang didirikan pada tahun 1996 bersamaan dengan STIE Dharma Iswara Madiun. Pada tahun 2016 adalah tahun terakhir angkatan STT Dharma Iswara Madiun. Yayasan PPLP PT PGRI Madiun yang sebelumnya sudah memiliki rencana dan mengajukan proses penggabungan ketiga lembaga yang akan digabungkan menjadi satu Universitas kepada Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan setelah melewati beberapa proses dan waktu keluarlah SK Dirjen Dikti No.1/KPT/1/2017 tertanggal 3 Januari 2017.
Dalam Penyusunan HMPS, tercetuslah kurang lebih dari 8-10 nama usulan HMPS dari rekan-rekan, kemudian terpilihlah nama DEPTICS (Department Of Informatics) yang paling cocok sebagai nama HMPS Teknik Informatika, pada tanggal 10 Maret 2017 berdirilah Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika. DEPTICS berdiri juga atas bantuan rekan-rekan BEM eks-STT Dharma Iswara Madiun.
DEPTICS memperkenalkan diri ke seluruh organisasi yang ada di kampus Universitas PGRI Madiun didukung dengan anggota yang semangat dalam berorganisasi dan juga Kepala Program Studi, jadilah DEPTICS yang sekarang dengan jargon terbaiknya (DEPTICS Creative Young and Insightful) yang memiliki visi, misi, divisi dan program kerja di dalamnya. DEPTICS ini dituntut untuk menjadi organisasi yang selalu bergerak aktif dalam akademik maupun non akademik serta berwawasan luas terhadap apapun. DEPTICS (Department Of Informatics) secara resmi terbentuk pada 10 Maret 2017, berlokasi di JL Auri No.14-16 Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun.

HMPS Teknik Informatika "DEPTICS" bergerak dalam beberapa bidang, antara lain:
  1. Divisi Ekonomi Bisnis
  2. Divisi Kemahasiswaan
  3. Divisi Humas (Hubungan Masyarakat)
  4. Divisi Olahraga
  5. Divisi Web
  6. Divisi Multimedia
 Setiap divisi memiliki program kerja masing-masing yang harus dicapai. 
 
HMPS Teknik Informatika "DEPTICS" memiliki visi dan misi sebagai berikut:
 
 Visi
"Menjadikan DEPTICS sebagai Himpunan Mahasiswa yang bergerak aktif dan berprestasi serta mampu bersaing dengan organisasi lain" 
 
Misi
  1. Meningkatkan keharmonisan antar anggota DEPTICS dan warga Prodi Teknik Informatika.
  2. Meng-upgrade program kerja untuk lebih optimal dengan ide-ide yang terbarukan.
  3. Menjadikan anggota DEPTICS dan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika untuk aktif dalam mengeluarkan potensi yang dimiliki untuk mengukir sebuah prestasi.
Seperti yang kita ketahui bahwa DEPTICS memiliki lambang sebagaimana terlihat di atas. Bentuk logo setengah lingkaran dan setengah roda bergerigi. Terdapat tulisan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun di atas logo dan Department of informatics di dalam logo. Logo dibuat dan didesain oleh Kak Satria Setiawan, mahasiswa teknik informatika angkatan 2016 yang tergabung pada awal kepengurusan DEPTICS di tahun 2017. Untuk mengetahui lebih detail tentang makna logo DEPTICS, berikut adalah penjelasannya:
  • Logo UNIPMA: Di tengah logo terdapat logo Universitas PGRI Madiun yang menjadi kebanggan dimana DEPTICS lahir dan berproses adalah dari sini.
  • Logo lingkaran: Lingkaran di sini mengartikan bahwa DEPTICS ini adalah sebuah keluarga yang selalu mengikat dan kompak dalam segala hal dilingkup program studi teknik informatika maupun di luar kampus.
  • Logo TI: Bentuk "TI" di tengah merupakan kepanjangan dari Teknik Informatika dan di dalam huruf "C" terdapat simbol on, off pada komputer. Simbol on, off mengartikan bahwa mahasiswa Teknik Informatika tidak bisa jauh dari simbol itu, dimanapun ketika mengerjakan tugas maupun pekerjaan akan berjumpa dengan simbol itu di komputer maupun laptopnya yang menjadikan semakin semangat.
  • Logo gerigi: Bentuk roda gerigi ini menggambarkan ciri khas mahasiswa teknik, karena DEPTICS dalam lingkup fakultas teknik.
  • Logo PCB: Di dalam lingkaran logo terdapat simbol aliran-aliran data, dapat dimisalkan dalam PCB atau rangkaian alur data sebuah komputer, yaitu yang berarti selalu terstruktur dalam setiap langkah dalam menjalankan tugas dan bergerak aktif dalam organisasi untuk sebuah kesuksesan.
DEPTICS sebagai HMPS teknik informatika memiliki slogan tersendiri yaitu "Creative Young And Insightful" yang mempunyai makna "Anak Muda yang Kreatif dan Berwawasan Luas".  
 
Demikian informasi tentang profil dan sejarah DEPTICS semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca bila ada saran dan kritik yang membangun silahkan tulis di kolom komentar. 

Salam Mahasiswa !

Posting Komentar

0 Komentar